OPTIMALKAN PERAN GURU PAUD DALAM DETEKSI DINI DAN PENANGANAN MASALAH ANAK USIA DINI DAMIAN SCHOOL

Oleh: Ni Luh Ayu Vivekananda, M.Psi, Psikolog

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fondasi penting bagi perkembangan anak sebelum mereka memasuki pendidikan formal. Peran guru pada tingkat ini menjadi kunci dalam membantu anak-anak mengembangkan potensi mereka secara optimal. Dalam konteks ini, pemahaman guru terhadap deteksi dini tumbuh kembang anak dan penanganan masalah umum seperti tantrum, keterlambatan bicara dan permasalahan tumbuh kembang lainnya menjadi sangat krusial.

Anak-anak usia dini mengalami pertumbuhan pesat dalam aspek fisik, kognitif, emosional, dan sosial. Tahap perkembangan ini menjadi dasar perkembangan selanjutnya sehingga menjadi penting untuk diperhatikan. Deteksi dini membantu identifikasi masalah perkembangan secepat mungkin, sehingga memungkinkan intervensi yang tepat dan sesuai dengan permasalahan anak. Guru PAUD yang memahami deteksi dini dapat memberikan bantuan pada anak-anak yang mengalami kesulitan sejak dini. Identifikasi masalah lebih awal memungkinkan intervensi yang lebih tepat dan terfokus. Guru PAUD yang kompeten juga dapat merancang aktivitas pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individual anak didik mereka.

Anak-anak yang mendapatkan bantuan pada tahap awal perkembangan memiliki peluang lebih besar untuk berhasil dalam pendidikan dan kehidupan di masa depan.

Kemampuan deteksi dini pada pendidikdapat membantu mengurangi tekanan dan kekhawatiran bagi orangtua, sehingga memungkinkan anak mendapatkan dukungan lebih cepat.

Guru PAUD diharapkan memiliki pemahaman mendalam tentang perkembangan anak pada berbagai tahap usia. Ini melibatkan pengetahuan tentang aspek fisik, kognitif, sosial, dan emosional anak-anak. Selain itu, keterampilan deteksi tanda-tanda masalah perkembangan menjadi penting. Guru PAUD perlu memiliki keterampilan manajemen kelas yang kuat untuk mengelola situasi seperti tantrum ataupun permasalahan perkembangan lainnya. Mereka harus menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak dan pembelajaran efektif. Kerjasama dengan orangtua adalah kunci dalam deteksi dini dan penanganan masalah. Komunikasi terbuka dengan orangtua membantu guru memahami konteks anak di luar sekolah.

Damian School sebagai mitra kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha memiliki kebutuhan terkait dengan penanganan permasalahan umum seperti tantrum dan keterlambatan bicara pada anak usia dini. Tantrum dapat mengganggu pembelajaran dan interaksi sosial, sementara keterlambatan bicara memerlukan dukungan khusus. Pelatihan lanjutan untuk guru PAUD di Damian School akan mencakup deteksi dini, manajemen konflik, dan teknik pengajaran yang lebih efektif. Pelatihan “Cara Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak dan Penanganan Kasus Common Problem” telah diadakan atas kerjasama Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha dan Damian School pada Jumat, 15 September 2023, dengan melibatkan pendidik atau guru TK, PAUD, dan daycare.

Diharapkan dengan pelatihan ini, pendidik atau guru TK, PAUD, dan daycare dapat memahami deteksi dini pada anak sehingga membantu dalam proses memberikan pendidikan yang lebih berkualitas dan relevan bagi anak-anak mereka. Guru PAUD yang kompeten dapat mendukung keberagaman anak dengan menyediakan lingkungan yang positif untuk mendukung tumbuh kembang anak. Dengan bantuan guru yang memahami masalah perkembangan, anak-anak diharapkan dapat mengatasi hambatan dengan lebih tepat sasaran. Optimalisasi peran guru PAUD dalam deteksi dini dan penanganan masalah anak usia dini dapat menciptakan pendidikan yang berkualitas dan mendukung perkembangan optimal anak-anak. Studi kasus di Damian School menunjukkan bahwa pelatihan lanjutan bagi guru dapat menjadi langkah penting dalam mengatasi permasalahan umum yang dihadapi di sekolah.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *