Nyamuk Dilarang Mendekat !

Nyamuk Dilarang Mendekat !

Tahukah kalian tgl 20 Agustus itu diperingati sebagai Hari Nyamuk Sedunia ?
Nah, nyamuk aja sampai diperingati di seluruh dunia, kenapa ya?

Guru Besar IPB University dari Fakultas Kedokteran Hewan, Prof Dr drh Upik Kesumawati Hadi menjelaskan bahwa Hari Nyamuk Sedunia dimulai pada tahun 1897 oleh Dr Ronald Ross dari Liverpool School of Tropical Medicine.

Pada 20 Agustus 1897, Ross menemukan ookista plasmodium falciparum pada bagian dinding lambung nyamuk Anopheles. Dari penelitian ini Ross mendeklarasikan bahwa hanya nyamuk genus Anopheles yang menularkan parasit malaria. Tanggal tersebut kemudian dideklarasikan sebagai hari Nyamuk Sedunia. Atas penemuannya, Ross mendapatkan Hadiah Nobel untuk Kedokteran pada tahun 1902.

Mengapa serangga pengganggu tersebut perlu diperingati? Yakni untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap sisi negatif keberadaan nyamuk di sekitar kita.

“Nyamuk adalah serangga kecil. Mulai dari badannya, sayapnya, kaki-kakinya dan mulutnya yang langsing, yang keberadaannya di sekitar pemukiman menjadi pengganggu kenyamanan kita. Selain menghisap darah dan menyebabkan gatal-gatal, nyamuk juga dapat menularkan berbagai macam penyakit baik pada manusia maupun pada hewan. Seperti malaria, demam berdarah dengue, radang otak, filariasis, dirofilariasis, chikungunya, dan zika. Semakin sering bersentuhan dengan nyamuk maka risiko tertular menjadi tinggi. Oleh karena itu kita harus tetap waspada untuk menjaga anak-anak, keluarga, dan komunitas agar aman dari gigitan nyamuk vektor,” ujar Pakar Nyamuk IPB University ini.

Upaya-upaya pengendalian nyamuk dapat dilakukan sendiri oleh masyarakat, seperti kegiatan 3M (Menguras, Menutup, Mengubur) plus, Gerakan Satu Rumah Satu jumantik, membersihkan selokan dari genangan air, menghilangkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk, menggunakan repelan, kelambu dan anti nyamuk lainnya, tambah beliau.

Di Damian School, kami juga melakukan upaya pengendalian nyamuk, yaitu dengan melakukan fogging / pengasapan dengan bahan berbasis air. Pengasapan ini dilakukan 2 hari sekali.

Kalau kalian bagaimana, apa yang kalian lakukan di rumah untuk menjaga diri dan keluarga dari gangguan nyamuk ? Tulis di kolom komentar ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *