Cara Menjaga Anak Sehat Di Masa Pandemi

Cara Menjaga Anak Sehat Di Masa Pandemi

Oleh: Rehulina Sembiring Meliala, S.Pd.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Anak Selama Pandemi?

Menjaga kesehatan anak menjadi langkah penting agar imunnya tetap kuat.

Selain memperkenalkan anak pada gaya hidup sehat, orang tua juga perlu memberikan contoh. Dengan begitu, anak bisa lebih mudah meniru dan beradaptasi.

Nah, berikut cara menjaga kesehatan anak selama pandemi yang bisa kita coba:

1. Cukupi kebutuhan nutrisinya.

Anak-anak memerlukan makronutrien yaitu karbohidrat, protein, lemak, air dan mikronutrien yaitu vitamin dan mineral. Zat gizi tersebut dapat diperoleh dari makanan pokok, lauk-pauk, buah-buahan, sayur-sayuran dan air mineral.

2. Istirahat yang cukup.

Saat tidur, dalam tubuh terjadi regenerasi sel-sel yang rusak, jadi jika anak kurang tidur maka tubuh tidak ada kesempatan untuk membentuk sel-sel yang baru. Waktu yang dibutuhkan untuk bayi tidur sekitar 18 jam, anak balita 12-13 jam, usia lima tahun keatas 10 jam sehari.

3. Ajarkan perilaku hidup sehat dan bersih.

Ajarkan anak untuk terbiasa memakai masker saat ke luar rumah, rajin cuci tangan di air mengalir, tutup mulut dan hidung dengan bagian dalam siku saat batuk/bersin, beri tahu anak untuk tidak menyentuh mata atau wajah, terakhir adalah mandi secara teratur.

4. Ajak anak berolahraga.

Meski di rumah saja, tubuh tetap harus bergerak agar tetap sehat dan bugar. Ajak anak-anak olahraga bersama setiap pagi sekitar 30 menit. Mama juga bisa membuat olahraga lebih menyenangkan di rumah dengan bermain bola, skipping, senam, dan lain sebagainya.

5. Berikan suplemen tambahan.

Berikan suplemen tambahan bila perlu.

Yuk kita jaga kesehatan anak- anak kita di masa pandemi ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *