Tips Menentukan Sekolah Pilihan

Parents, ini saatnya memilih sekolah untuk Buah Hati Anda! Apa saja yang perlu dipertimbangkan? Tentunya berbagai faktor harus jadi pertimbangan orang tua. Ayo kita perhatikan satu persatu.

  1. Kenali kebutuhan anak
    Pemahaman ini penting bukan saja dalam memilih sekolah, tapi juga untuk dikomunikasikan nantinya kepada guru guna memastikan kebutuhan anak kita terpenuhi.
  2. Pertimbangkan kemampuan keuangan
    Meski sifatnya teknis, tapi kemampuan keuangan sangat menentukan rentang pilihan sekolah yang bisa dipilih orangtua. Lebih baik lagi bila sudah melakukan perencanaan keuangan jauh-jauh hari.
  3. Kenali harapan orangtua
    Selain mengacu pada pengalaman, orangtua tentu punya harapan terhadap anak dan proses belajarnya.
  4. Bangun kesepakatan dengan anak
    Meski orangtua yang membiayai, tapi yang bersekolah adalah anak. Kedua belah pihak harus bersepakat mengenai kriteria sekolah yang ideal.
  5. Mencari Informasi Sekolah
    Cari informasi tentang sekolah yang sekiranya cocok dengan hasil kesepakatan Anda dengan anak.
  6. Lakukan observasi sekolah
    Perhatikan tanda-tanda yang menunjukkan proses belajar yang berkualitas, karena memilih sekolah bukan sekedar memilih bangunan dan fasilitas.
  7. Lakukan wawancara sekolah
    Ajukan pertanyaan untuk menggali setidaknya dua hal: konfirmasi kriteria yang sudah Anda sepakati bersama anak dan memastikan kualitas proses belajar di sekolah tersebut.
  8. Perhatikan jarak antara rumah dan sekolah
    Hal ini terlihat sepele, akan tetapi semangat belajar anak dapat menurun jika jarak tempuh setiap harinya membuat anak merasa lelah diperjalanan, terutama sebelum atau sesudah melakukan banyak aktivitas di sekolah.

Ditulis Oleh: Rossyantie Soleha, S.S.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *