Arbor Day, Hari Libur Nasional di Nebraska untuk Menanam Pohon

Tahukah kamu,  Nebraska, negara bagian di Amerika Serikat punya hari libur yang cukup unik, nih, yaitu Arbor Day.

Arbor Day adalah perayaan tahunan yang dirayakan oleh penduduknya dengan cara menanam pohon.

Perayaan yang dirayakan setiap hari Jumat terakhir bulan April ini bertujuan untuk merayakan dan mengingat peran pohon dalam kehidupan manusia.

Selain itu, Arbor Day juga dirayakan untuk memberikan edukasi bagaimana cara menanam dan merawat pohon, lo.

J.Sterling Morton merupakan seorang jurnalis yang menggagas Arbor Day di Nebraska.

Pada tahun 1885, Arbor Day kemudian resmi menjadi hari libur nasional di Nebraska, nih.

Sejak saat itu, setiap hari Jumat terakhir di bulan April, warga kota Nebraska beramai-ramai menanam pohon, terutama murid-murid sekolah.

Saat ini, tidak hanya Nebraska saja, lho, yang merayakan Arbor Day, tapi negara lain seperti Australia, Tiongkok, Jerman, Belanda, dan juga negara-negara lainnya.

Di Indonesia, hari menanam pohon dirayakan pada tanggal 28 November setiap tahunnya.

Tentunya untuk menanam pohon kita tidak perlu menunggu tanggal tertentu, kapanpun teman-teman punya kesempatan dan waktu luang, teman-teman boleh mulai belajar menanam. Pada saat baru belajar, pilihlah tanaman yang mudah dirawat dan mudah diperbanyak.
Ini adalah salah satu tanaman yang menurut kami mudah diperbanyak dan mudah merawatnya, namanya Iresine Herbstii, atau nama lokalnya adalah krokot batang merah atau ada juga yang menyebutnya bayam hias batang merah. Kalian tinggal menyiapkan media tanamnya lalu siapkan stek batang (potongan batang). Potong batang yang sudah agak tinggi minimal 15 cm lalu tancapkan pada media tanam. Selesai. Kalau kalian ingin mencoba menanamnya, kalian boleh datang ke Damian School dengan membawa media tanam kalian dalam pot. Pastikan kalian sudah mendapat ijin dari orang tua kalian dan petugas keamanan Damian School.

Lalu kalian dapat memotong batang tanaman yang sudah tinggi dan menancapkannya pada media tanam. Kalian bisa temukan tanaman ini di sepanjang tembok depan sekolah dan di sepanjang dinding depan ruang pertemuan Damian School. Pastikan kalian sudah mendapat ijin dari orang tua kalian dan petugas keamanan Damian School.

Referensi:
https://bobo.grid.id/read/08960842/arbor-day-hari-libur-nasional-di-nebraska-untuk-menanam-pohon?page=all
https://www.youtube.com/watch?v=7m64zlWGf94
https://www.youtube.com/watch?v=gRzRKZ0ZA8E

Ditulis Oleh: Ika Melania, S.T.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *