Rancang Kesuksesan Bersama Damian School

Kamu pasti tahu, bahwa saat kamu ada di sekolah, orang tuamu sedang mengerjakan sesuatu untuk mendapatkan uang. Mungkin ada yang bekerja di toko, ada yang di rumah sakit, ada yang bekerja di pabrik, di sekolah, dan lain-lain.

Selain bekerja di pada orang lain, tentunya mereka bisa juga memilih untuk menjadi seorang wirausaha. Apakah itu wirausaha?

Kalau menilik dari KBBI maka artinya adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.
Jadi intinya adalah seseorang yang bekerja untuk dirinya sendiri.

Lalu apa serunya menjadi seorang Wirausaha?

Pada saat kamu bekerja untuk orang lain, maka pemilik usaha yang menentukan berapa banyak uang yang akan kamu dapat setiap bulan. Pada saat kamu menjadi seorang wirausaha, maka kamulah yang menentukan seberapa banyak uang yang bisa kamu dapatkan setiap bulannya dan pekerjaan apa yang ingin kamu lakukan.
Namun bukan hanya itu, di saat yang bersamaan, kamu juga punya banyak tanggung jawab. Tanggung jawab untuk apa?
Yaaaa, banyak, misalnya: kamu harus memikirkan apa yang akan kamu kerjakan, apa yang akan kamu jual, bagaimana cara mengerjakan/membuat benda yang akan dijual, kepada siapa kamu akan menjualnya, dan lain-lain.

Wah kok rumit?

Santai kawan….

Di Damian School kami mempelajari semua itu dengan membuat beberapa proyek dalam setahun. Kami akan berikan contoh apa yang dipelajari oleh teman-teman di kelas 3 dan 4 SD Damian School.

Lihatlah foto-foto berikut:
Ini murid kelas 3, mereka belajar teknik mencetak pada kain. Lewat kegiatan ini mereka belajar menerapkan ilmu yang mereka pelajari secara teori di kelas untuk bekal menjadi wirausaha. Apa saja yang mereka dapat dari kegiatan ini?

  1. Belajar mengenal motif batik nusantara
  2. Belajar mendesain motif batik.
  3. Belajar teknik mencetak dengan transfer print.
  4. Kreatif, mencari ide – hasil kain batik tersebut akan dibuat menjadi produk apa agar punya nilai estetika dan nilai jual lebih tinggi.
  5. Belajar membuat rencana kerja agar benda yang akan dibuat dapat selesai sesuai waktu yang direncanakan.

Nah, murid-murid kelas 4….

Mereka belajar menjadi Vlogger.
Apa itu vlogger ?

Dalam Cambridge online Dictionary, vlogger adalah

someone who makes vlogs (= short films that record your thoughts, ideas, or opinions on a subject) and posts them on the internet.

Ya, Vlogger adalah orang yang membuat video singkat tentang berbagai hal dan mengunggahnya di internet.
Vlogger ini bisa dibilang suatu profesi yang baru, yang 10 tahun lalu mungkin belum dikenal. Apa saja yang dapat dipelajari saat membuat vlog?

  1. Membuat rencana isi atau skrip vlog yang akan dibuat. Ini akan mengasah kreativitas dan kemampuan berbahasa.
  2. Mengetahui cara kerja atau cara menggunakan gawai untuk hal yang positif.
  3. Mengetahui cara atau teknis membuat video dengan berbagai aplikasi.

Apakah seorang vlogger bisa menghasilkan uang dari internet ? Tentu bisa.

Itulah 2 contoh kegiatan ekonomi yang dapat menghasilkan uang yang dipelajari lewat kegiatan “Big Project” di SD Damian School. Di Sekolah Dasar, guru-guru masih banyak memberikan arahan tentang proyek yang dibuat. Di SMP nanti, murid-murid diminta untuk menentukan proyek mereka sendiri, pertama-tama mereka belajar untuk membuat dan mengajukan proposal untuk proyek mereka.

Nah seru kan?
Kalau setiap tahun kita secara terus menerus belajar berwirausaha lewat proyek-proyek yang dilakukan, pastinya kita akan lebih siap menjadi seorang wirausaha di dunia nyata.

Sesuai dengan visinya : To grow smart individuals with live positive quality, character, personality and ability to be able to survive in developing world, Damian School terus konsisten menumbuhkan karakter wirausaha dalam diri semua muridnya.

 

Ditulis Oleh: Ika Melania, S.T.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *