Mengajarkan Anak Untuk Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif baik dilakukan oleh orang dewasa maupun anak-anak karena memiliki banyak manfaat.  Bagaimana ya cara mengajari anak berpikir positif?. Melatih anak berpikir positif bisa dengan mengajari anak melihat sisi baik dari setiap kejadian.

Yuk kita coba beberapa tips untuk mengajari anak berpikiran positif.

  1. Ajari anak bahwa dalam hidup ada saat sedih dan juga gembira. Ada kegagalan dan juga keberhasilan. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih siap menghadapi situasi buruk, realistis dan bisa bangkit dari situasi yang tidak menyenangkan. Serta anak menjadi lebih mampu mengelola emosinya untuk mencari jalan keluar.
  2. Ajari anak soal sisi baik setiap kejadian secara verbal atau ucapan, orang tua juga bisa mengajarkannya melalui sikap, film dan buku cerita karena di sekeliling kita banyak media yang bisa kita gunakan sebagai contoh.
  3. Berikan semangat dan sikap tidak menyerah. Orang tua dapat menunjukkan semangat hidup yang tinggi dan sikap antusias dalam hal apapun yang kita lakukan dihadapan anak meskipun saat itu sedang berada di bawah tekanan. Hal ini akan membuat anak berpikir bahwa apapun yang terjadi, kita harus tetap antusias untuk melakukan sesuatu.
  4. Berilah contoh pada anak untuk tidak mengeluh bila mengerjakan sesuatu. Ajarkan mereka untuk melakukannya dengan senang hati agar semua yang mereka lakukan bisa tercapai dengan baik. Menguatkan keputusan yang diambil anak adalah hal sederhana yang dapat diberikan orang tua.

Yuk dicoba dulu tips diatas, semoga bisa membantu orangtua untuk bisa melihat sisi positif dari segala sesuatu.

 

 

Ditulis Oleh : Rehulina Sembiring Meliala, S.Pd. Kepala Sekolah Kelompok Bermain

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *