Tips Membantu Anak dalam Mengerjakan PR

BDR

“PR nya sudah dikerjakan belum?

Ayo kerjakan PR nya!

Awas ya kalau PR nya belum selesai!

Daripada  bertanya dan bertanya terus sambil berharap anak mengerjakan tugasnya dengan benar dan tepat waktu, lebih baik bantu anak untuk membuat rencana mengerjakan PR yuk. Saat mengerjakan PR yang sulit, dorong anak untuk mengerjakan satu demi satu tugas yang bisa dikerjakan terlebih dahulu. Berikut tips membantu anak dalam mengerjakan PR:

  1. Jadilah motivator dan lakukan pengawasan

Peran motivator dan pengawasan dari orang tua adalah hal yang penting. Orangtua bisa menanyakan tentang tugas, kuis, dan PR yang diberikan. Berikan semangat kepada anak, periksa PR yang sudah selesai, dan siapkan diri untuk menjadi tempat bertanya anak.

  1. Ciptakan lingkungan yang nyaman

Pastikan area tempat anak mengerjakan PR memiliki penerangan yang baik dan jauh dari gangguan. Simpan semua alat tulis dan buku dalam jangkauannya. Sediakan tempat duduk yang nyaman untuk anak agar tidak mudah pegal.

  1. Dorong anak mengerjakannya sendiri

Anda dapat mengawasi dan membimbingnya. Periksa jawabannya dan koreksi dia jika dia membuat kesalahan. Anak belajar banyak dengan cara ini.

  1. Jadilah penyemangat anak

Pujilah anak untuk pekerjaan yang baik dan memuaskan. Kata-kata dan pujian yang baik adalah motivasi terbaik untuk anak. Ekspresikan penghargaan melalui emosi dan biarkan anak mengetahui kalau dia melakukan pekerjaan dengan baik.

 

Ditulis oleh: Rehulina Sembiring Meliala, S.Pd. – Kepala Kelompok Bermain Damian School

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *